Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘umum’ Category

Menggugat !!

Menjelang upacara kemerdekaan  pagi ini, Soekarno, Hatta, Syahrir, bersama 20 an pemuda sibuk berdiskusi, siapa yang paling cocok menghadap. “Sudahlah tidak usah berdebat, Sukarno saja yang menghadap , dia cocok mewakili kita seperti jaman dulu. “ Kata Syahrir mencoba menengahi diskusi yang meledak ledak. “Benar bung kini saatnya, matahari mulai terik bung ! “ pemuda Sukarni berteriak. “No…berangkatlah” Seperti biasa dengan sabar Hatta mengucap.

 Pemuda Sukarno melangkah tanpa keraguan, pemuda yang seumur hidup membaktikan dirinya kepada rakyat, sama dengan pemuda pemuda lain  yang juga tak gentar berkorban jiwa demi Negara nya ,  perlahan tapi pasti menuju meja panjang dimana   diujungnya duduk pria berpakaian putih bersih.

Assalamu’alaikum…merdeka ! Keinginan kami sudah bulat bung…. tolong sampaikan kepadanya bahwa kami ingin kembali” Suara Sukarno bergetar menahan emosi.

“Hmmmm…” Lembut laki laki berwajah teduh itu menghela nafas.

“Bagaimana mungkin pagi ini kami akan mengucapkan ulang proklamasi kemerdekaan tetapi kemarin  tetangga kita terang terangan menghina martabat kita ? malah mereka sibuk menyanyi yang tidak jelas maksud dan juntrungannya. Malu bung..malu !! Kita harus ganyang Malaysia !!” Meledak suara Sukarno.

Laki laki berwajah teduh itu hanya tersenyum.

 “Apa kita harus menunggu kehilangan pulau Bintan, Sumatera ? kami sudah tidak kuat,  sampaikan…tolong sampaikan bahwa kami ingin kembali”. Kali ini suara Sukarno menurun, memohon dengan sangat.

“Mengapa kalian terus bersikeras dan pantang menyerah ? sudah  puluhan tahun  aku menyampaikan kepada beliau…sudah berapa tumpuk buku dan kertas yang kalian serahkan..tuntutan, pledoi, dan apalagi sampai aku lupa. Tetapi kalian sudah tahu bahwa beliau tak menjawab…”

“Sampaikan sekali lagi…tolong …sekali lagi bahwa kami ingin kembali…kalau perlu buanglah kami  ke dasar neraka menjadi kerak asal kami mendapat kesempatan untuk kembali…” Suara Sukarno kini melemah ..diikuti dengan beberapa isakan para pemuda di belakangnya.

“Baiklah aku coba lagi…” Jawab laki laki berwajah teduh  sambil menulis angka 17.081.945 di kertas papirusnya, jumlah protes selama ini yang sudah disampaikan oleh para pemuda itu, kemudian dengan pelan berjalan menuju tangga .

“Terima kasih bung …terima kasih…merdeka !!!, “Serempak para pemuda berteriak dengan wajah berbinar.

 

 RENUNGAN SEMALAM, UNTUK INDONESIAKU !!

 

Iklan

Read Full Post »

KD ?!

HOEEEK…! HOEEEKK.! CUIH..!

Read Full Post »

Semenjak bekerja di kota Gresik saya selalu melihat banyaknya warung kopi di seluruh penjuru kota.. Ternyata warung kopi sudah merupakan bagian hidup dari warga Gresik. Asal mulanya karena sehabis subuhan, mereka tidak kembali tidur. Jadi langsung berangkat bekerja ke pasar atau nongkrong di warung kopi sebagai “pos” untuk menunggu terbitnya sang mentari. 

Warung kopi berkembang dengan tidak hanya buka di pagi hari, malam haripun dirambah. Oleh sebab itu laki laki di Gresik jarang yang ada di rumah selepas isya’. Rata rata mereka nongkrong di warung kopi sambil ngobrol ngalor ngidul.

 Saya sebenarnya kurang tahu acara cangkrukan di warung kopi ini, gara gara temen temen di kantor yang biasanya diatas jam 7 malam masih ngobrol di kantor, sekarang mulai jam 6 sudah ndak kelihatan batang hidungnya. Saya jadi merasa kesepian. Pada kemana semua ya ?

 Ternyata mereka wisata kuliner mencoba semua warung kopi  seantero kota Gresik. Waaahh saya yang memang hobi ngopi tentu saja protes karena ndak diajak..

 Yo wis paaaak…ayo ikut…tapi ndak boleh protes lho ya…kita mencoba bermacam macam kopi pangku…bener lho ya ndak boleh protes....Sungguh saya penasaran mosok ada kopi yang lebih mantap dibanding kopi Dinoyo andalan saya itu.

(lebih…)

Read Full Post »

Awan…

Sejak bekerja di pinggir laut, saya suka melihat awan. Biasanya ketika jam istirahat, atau pagi hari, atau sore hari sekalian, saya  suka duduk diluar kantor hanya untuk melihat awan…bener bener kurang kerjaan. Tapi dengan melihat awan dan  cuaca yang aneh aneh begini, saya merasakan keagunganNya…coba sampeyan lihat fotonya. Diatas terlihat pelangi melengkung busur penuh bahkan dobel atas bawah, sayang di foto tidak terlalu terlihat.  Lima menit kemudian cuaca bisa berubah ekstrim menjadi  seperti foto dibawah. Foto diatas ada disisi timur sedang foto dibawah ada di sisi barat.

(lebih…)

Read Full Post »

Feinwerkbau

Ingatan saya kembali ketika masih SMP tahun 1982.  Ulang tahun yang ke 14, saya mendapat hadiah senapan angin merk Feinwerkbau dari ayah. Rupanya ayah berharap hobbynya turun ke anaknya. Memang ayah saya hobby berat menembak.

 Masih segar ingatan saya ketika kelas 2 SD diajak berburu kijang di Trawas lereng gunung Arjuno. Dimana ledakan amunisi yang menggelegar membuat anak umur 7 setengah mati nggak suka.

 Karena saking takutnya mendengar ledakan tersebut, semalaman saya menutup telinga sampe lengan rasanya kram.

 

Kegiatan berburu itu terus berlangsung sampai saya SMA. Sayang sekali harapan ayah pupus karena saya payah dalam hal bedil bedilan ini, alias bolak balik meleset kalo nembak celeng. Coba bayangin gelap gulita dimalam hari harus menembak celeng yang sudah jelas jelas item. Mana kelihatan ? (lebih…)

Read Full Post »

Kopi toebroek

Sungguh mati saya paling ndak bisa kalo disuruh berhenti ngopi.  Padahal seumur saya yang sepuh ini ( lebay…) sudah dilarang untuk nyruput minuman yang jelas bisa membuat jantung kembut kembut.

Di rumah ada beberapa macam kopi dimulai dari kopi jagung, kopi sasetan bangsanya kopi ABC SUSU, kapal api, sampai dengan kopi kelas excelso, boncafe,  tapi nggak ada yang lebih enak dari kopi Dinoyo.

Kemarin saya coba kopi luwak yang tersohor itu, mulai kopi luwake excelso yang 80 ribuan sak gelas imut lalu kopi luwak yang dijual di cafe sebelah hotel TUGU, rasanya tidak ada yang mengalah kopi toebroek OYONID alias dinoyo.

La…sampeyan penasaran to apa itu kopi Dinoyo…hehehe

(lebih…)

Read Full Post »

“Sari mangga” single

Minggu malam kemarin ketika kluyuran ke toko toko kecil di daerah kayutangan, saya dan istri masuk ke toko lawas jualan botol botol kuno. Ndilalah kok ketemu botol botol minuman kecil berisi “sari mangga”.

Onter memang koleksi karena suka saja dengan bentuk botolnya. Tapi jangan harap saya boleh mencoba isinya barang satu biji. Pasti tanduknya keluar… gggrrrrr ingat ! 40 hari sholatmu gak diterima !!  Lhoooo kan aku udah insap 10 tahun… udah gak pengen coba kok….

 

 Dia dapat 4 biji botol masih utuh dengan isinya, Camus VS, Baileys, Seagram’s 100 pipers dan Ballantine’s Finest. Total koleksinya menjadi 52 botol. Coba lihat fotonya, silahken dihitung sendiri.

 Memang karena ada peraturan pemerintah yang terbaru bahwa “sari mangga” sekarang tidak boleh beredar, sungguh membuat para drunker master merana. Dampaknya pencarian botol botol kecil ini juga semangkin uangel.. ngumpulin 52 botol itu perlu waktu 4 tahun.

Istri saya bilang, pa kamu kan seneng surfing cari takako kitahara atau tia tanaka…mbok cariken botol botol beginian dari internet, pasti ada-lah..(walah opo hubungane..?)

Jadi para pembaca..bagi anda anda yang punya koleksi botol botol “sari mangga” ini, sudilah kiranya kalau saya diperbolehkan membeli…agar istri saya tercinta senang…OK ?.

Adapun daftar “sari mangga” yang dimilikinya sbb :

Disaronno Amaretto, Bombay sapphire, Chivas Regal, Jack Daniel’s, Seagram’s 100 piper’s, Bailey’s, Pisang Ambon, DeFussinigy(XO), Grand Marnier, Cointreau, Johnny Walker red label, Johnny Walker black label, Bisquit Classique, Bisquit Prestige, Martell Gordon blue, Martell V.S.O.P Medallion, Martell XO Supreme, Martini Rosso, Martini White, Remy Martin Fine Champagne, Remy Martin XO Special, Grant’s, Glenfiddich, Courvoisier, Royal Salute, Dunhill, Renoun, Befeater, Smirnoff, Gordon’s, Malibu, Finlandia, Otard, Camus Napoleon, Camus VS, Bacardi, Ballantine’s Gold, Ballantine’s Finest, Maker’s Mark, Campari, The famousGrouse, Hooghoudt, Jameson, Dimple, Frangelico, Wild Turkey, Sky Vodka, Absolut Vodka, Old Grand Dad, Jim Beam, Evan Williams.

 

Read Full Post »

Older Posts »